Pengalaman Mengambil Uang Ditahan Bukalapak karena Resi JNT Tidak Ada Valid


Saat kejadian ini saya berlaku sebagai seorang pedagang online untuk toko saya Mau Gowes Bike Shop, menjual berbagai hal yang berhubungan dengan dunia sepeda. JNT adalah kurir yang paling banyak dipilih customer kami untuk belanja di Mau Gowes, dan menempati kurir nomor 2 yang pa;ing banyak dipilih, sudah puluhan kali menggunakan JNT bia berjalan dengan normal dan tanpa masalah. Hingga suatu Jum'at sore saya berkunjung ke JNT untuk mengirim paket perjualan saya. Semua berjalan dengan biasa, timbang paket, catat alamat dan mendapat kwitansi.

Oh ya BTW di sesi transaksi kali ini menggunakan Bukalapak, toko saya tersedia juga di Tokopedia, dan alhamdulillah kedia-duanya ramai. Resi yang ada di kwitansipun saya masukan ke transaksi untuk merubah status proses menjadi kirim di situs Bukalapak. Saat itu status pengirimannyapun masing menunggu, biasanya akan update 1-2 jam kedepan. Tapi setelah hampir setengah hari berlalu, ternyata resi belum juga update, saya pun biasa saja dan berencanan esok pagi cek lagi.

Resi Belum Update Ketika Cek di Web Resmi 

Saya pun cek kembali di sistem Bukalapak, ternyata belum ada update. Hingga track resi tersebut melalui web miliki JNT sendiri di https://www.jet.co.id/track . Disana juga mendapatkan jawaban bahwa resi tidak ditemukan. Saya masih biasa saja. Hingga pagi esok harinya saya cek di kedua sistem dan belum ada update, saya mulai berpikir ada kesalahan input di sistem JNT, dan ingin tahu juga apakah mengefek dengan transaksi penjuaalan di Bukalapak. 

Saya pun mengunjungi twitter BukaBantuan https://twitter.com/bukabantuan?lang=en , disana dijawab dengan responsif sekali. Solusi pertama adalah dengan menunggu samapai 3*24, jika belum ada update resi saya diminta untuk menghubungi kembali. Nah momen setelah mendapat balasan dari BukaBantuan tersebut saya mendapatkan email tiket yang langsung mengarah ke CS Bukalapak, jadi untuk kabar-kabar nanti cukup membalas email tersebut.

3*24jam Resi Masih Belum Update 

Sesuai solusi diatas, sayapun kembali menghubungi CS bukalapak setelah 3*24jam, dan beberapa waktu kemudian dijawab bahkan paket sudah dalam proses pengiriman. Dengan ini saya agak tenang. Kemudian cek di web tracker JNT belum ada update ditemukan. Baru pada 1 jam kemudian saya kembali cek web tracker JNT sudah keluar update / history pengirimannya. 



Tapi hal tersebut tidak berlaku di sistem Bukalapak yang masih menampilkan belum ada histori pengiriman. Karena sudah ada bukti valid di web tracker, saya pun menunggu hingga paket sampai di tangan customer. Akhirnya sorenya customer menerima paket tersebut dan telah memberikan ulasan positifnya.


Tapi kami mendapatkan masalah lainnya, yaitu karena tidak ada history di pengiriman, uang ditahan untuk masuk Bukadompet, yang berarti juga tidak bisa dicairkan.

Solusi Penarikan



Solusinya gampang sekali, cukup kontak saja Buka Bantuan, via Twitter email, atau link kontak di footer. Karena sudah ada data kuat maka akan semakin mudah untuk mencairkan danannya. Dan wola tidak sampai 5 menit, dana masuk ke Bukadompet dan siap dicairkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman