Cerita Gowes Bukit Klangon Ujung Aspal Terdekat Saya Dengan Gunung Merapi


Gunung Merapi memiliki jalur eksotis khas pegunungan yang terkenal atas tanjakan dan kelok. Disamping itu jalanan aspal di sekitar Gunung Merapi juga menjadi jalur favorit saya untuk latihan sehari-hari ketika masih tinggal di Yogyakarta. Alasan utamanya karena ujungnya adalah jalan buntu, jadi semakin mendekati Gunung Merapi maka jalanannya semakin sepi dan semakin alami. salah satu jalur favorit saya adalah ke Bukit Klangon.



Rute start dari Candi Prambanan



Jika start dari Candi Prambanan, sebenarnya cuma menghabiskan jarak 21,2km saja untuk sampai ke Bukit Klangon, tapi tantangannya bukan itu melainkan gradient tanjakannya. Dimana dari start sampai finish kalian akan terus dihadapkan dengan jalur menanjak yang luar biasa. Rata-rata gradientnya diatas 6%, dengan elevasi sampai 300m. Bagi yang suka menanjak, jalur ini cocok sekali untuk uji ketabahan, tapi jika sudah sering kesini maka akan biasa saja sih tanjakannya.

Bisa Melewati Jalur Watu Temanten 



Jika kalian memilih lewat jaluir Cangkringan, maka kalian bisa lewat Monumen Watu Temanten https://goo.gl/maps/2kt5A37eHTjEQAU68 . Jadi cerita awalnya ini adalah batu-baru besar hasil dari lahar dingin erupsi Gunung Merapi silam, yang menarik kedua batu besar ini dari atas sampai bawah jatuhnya selalu bersamaan dan tidak pernah terpisah. Maka namnya "Watu Temanten" atau dalam bahasa Indonesia adalah "Batu Pengantin". 

Monumen ini ada didaerah sekitaran bendungan lahar dingin di desa Argomulyo, tempatnya keren dan cocok untuk foto-foto, tapi karena saya tak terlalu suka foto-foto, biasanya langsung saya lewati.

Bukti Klangon Juga Terkenal Sebagai Trek Downhill

Jalur Downhill dibukti Klangon sudah terkenal banget loh, bahkan bisa dibilang salah satu yang terbaik di wilayah Yogyakarta. Bahkan ada salah satu treknya yang melintas lewat atas jalan raya, yakni pada foto diatas. Bagi yang suka downhill mari dicoba, saya tidak sempat naik kearenannya, karena sepatu roadbike saya tidak mendukung, karena saat itu tanahnya agak becek bekas hujan.

Penutup



Sungguh menarik jalur ke bukit Klangon, pertama karena jalurnya yang alami dan sepi dari kendaraan bermotor serta tanjakannya yang menantang, tiap ka,li kesini ingin rasanya untuk memecahkan personal record kemarin, dan cukup terkanal di kalangan cyclist jogja. Tapi pastikan ketika kesini jangan terlalu siang, biasanya saya finish antara jam 6 s/d 7 pagi, di Bukit Klangin masih cukup sepi, dan mudah untuk dikuasai.

Komentar

  1. Informasi yang menarik. Saya jadi berminat untuk bersepeda naik sampai kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, semoga terlaksanan, mumpung masih di Jogja.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman