Cerita Gowes Dari Lapangan Denggung, Sleman ke Candi Borobudur, Magelang



Ini adalah section baru di blog ini , bernama cerita gowes. Isinya tentang spot-spot menarik yang enak untuk gowes solo ataupun bersama-sama. Berikut adalah dokumentasi untuk perjalanan kami dari Lapangan Denggung, Sleman, kemudian ke Ancol Bligo dan dilanjutkan ke Borobudur, pulang pergi sekitar 80Km.




Lapangan Deggung kami pilih karena mudah ditemukan, apalagi untuk titik kumpul gowes bareng, pasti banyak yang sekua jika start dari sini. Berikut lokasinya di Google Maps https://goo.gl/maps/weC4apQ7nq3a7nsE6 .


Disini kami melintasi Jalan Magelang, tapi tidak sampai ujung jalan, di daerah Congkrang, kami belok ke kiri kearah jalan Sugiarno, karena di titik ini pas, jika kebarat akan menuju Ancol Bligo, ujung barat dari Selokan Mataram yang bertemua dengan Sungai Progo didaerah Kulon Progo. Salah satu kelebihan lewat sini adalah jalurnya yang cukup sepi dari kendaraan bermotor dan masih asri. Bahkan disini kami menemukan sarapan soto ayam kampung, dengan harga dibawah 10 ribu rupiah, segar dan mantab.

Tiba Di Ancol Bligo


Tidak sampai satu jam dari kami menemukan soto tadi, akhirnya sampai di checkpoint pertama, yakni Anco Bligo, disini lokasinya https://goo.gl/maps/poHVQsYKmkmbTM227 . Bisa dibilang ini adalah ujung barat dari Selokan Mataran, nah awal cerita dari Selokan Mataram adalah, perintah dari Raja Yogyakarta terdahulu, untuk mengawinkan sungai Progo disii barat dan sungai Opak disi timur, tujuannya agar Yogyakarta semakin subur dan sejahtera, disinilah ujung baratnya.


Saya lihat pula ada bendungan sekaligus pembangkit listrik di sungai ini, sungguh sumber daya alam yang luar biasa. 

Kami pun melanjutkan perjalanan kebarat yang langsung menuju Magelang, ternyata jalurnya keren banget, melintasi sisi sungai Progo, pohon-pohonnya sangat rimbun, jalannya ekstrim untuk turunan dan tanjakannya, jalannya rolling gitu. Efek latihan sepeda tiap pagi sangat berasa disini, dengan cadence dan form yang tepat, tanjakannpun mudah untuk dilalui. Sayangnya disini saya tidak sempat foto-foto karena terlalu menikmati jalanannya.

Sampai di Candi Borobudur

Waktu menunjukan pukul 08:00 santai namun sampai, akhirnya kami di Candi Borobudur, langsung saja menjadi papan nama untuk dilakukan sesi pemotretan, hasil nampak pada gambar paling atas.


Saran saja untuk teman-teman yang start dari Jogja ke Borobudur, usahakan sepagi mungkin jika ingin pulang lewat jalan Magelang. Karena Jalan Magelang adalah jalur kami pulang, dan sudah jam 10 siang, tapi sudah sangat padat, waktu itu hari sabtu. Disamping lalu lintasnya, panasnya sungguh luar biasa, karena Jalan Magelang-Yogyakarta sangat panjang dan sedikit pohon rindang disisi kanan/kiri jalan.

Yup itulah cerita singkat gowes Lapangan Denggung, Sleman ke Candi Borobudur, Magelang.


Ref : https://www.strava.com/activities/2088137092

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman