Alasan Ganti Helm KYT K2 Rider ke Zeus 811


KYT K2 Rider adalah helm fullface pertama saya, setelah sebelumnya terbiasa bertahun-tahun dengan helm fullface, alasan utama migrasi ke fullface karena hampir tiap minggu ada aktifitas turing dengan motor, tentu saja perlu pengamanan ekstra. Nah setelah 2 bulan akhirnya saya putuskan untuk pindah ke Zeus 811, berikut beberapa alasanyang bisa dipertimbangkan.

Pembuka

Sebelum masuk kebagian alasan, kedua helm memiliki ukuran yang sama yakni L ukuran lingkar kepala 59cm dan warna yang saya piulih juga sama yaitu matte black dan clear visor.


Perbandingan

Ukuran Batok Helm

KYT K2 Rider

Ukuran batok Zeus 811 dibandingkan KYT K2 Rider lebih kecil, disamping itu shapenya juga lebih tajam. Untuk bagian ini hanya tidak bisa dibilang Zeus lebih baik dari KYT sih, jadi tergantung masing-masing rider lebih suka karakter helm yang mana. 

Zeus 811
Karena ukuran batok Zeus 811 lebih kecil, jadi lebih besar kemungkinan untuk masuk ke bagasi motor yang sudah support fitur helm in. Yang paling berbeda dari ukuran Zeus adalah tinggi batoknya yang berkurang cukup drastis.

Busa Helm

KYT K2 Rider

Untuk bagian ini saya lebih suka milik KYT K2 Rider, karena ada kesan basah dan licinnya jadi nyaman saja gitu menyatu dengan kulit. 

Zeus 811

Tapi untuk Zeus 811 tidak buruk lah, sudah diatas rata-rata, nyman juga kok.

Visor

KYT K2 Rider sendiri, visornya cukup berat, sering saya harus menggunakan 2 tangan untuk membuka, dan ketika menutup harus menggunakan tekanan lebih agar bisa menutup dengan rapat.

Awalnya saya tak berharap banyak untuk mendapatkan visor yang bagus untuk helm dengan harga di bawah Rp 1 juta, ternyata Zeus ini menang banyak. Gerakan visornya smooth sekali, bahkan cukup dengan satu jari bisa terbuka dengan mudah. Ekstranya lagi adalah sistematikan pegas di visornya membuat otomatis mengunci jika posisi visor tertutup. 

Kekedapan

KYT K2 Rider
Menggunakan KYT K2 Rider sering saya dapatkan suara angin masuk yang bunyinya seperti seruling, cukup mengganggu sih. Sedang untuk tinggal kekedepannya sudah cukup / di tengah-tengahlah. Yang cukup menggangu adalah visor keduanya yang merupakan dark visor seukuran kacamata, sering sekali menimbulkan suara karena getaran di jalan, memang tidak keras sih, tapi cukup mengganggu.

Zeus 811
Zeus 811 kekedepannya bisa dibilang sangat jauh lebih bagus dengan KYT K2 Rider, pertama karena ada bantuan pegas untuk mengunci visor, seperti didalam mobil seuaranya, angin yang masuk pun hampir tak ada.

Sirkulasi

Kedua helm ini memberikan kesejukan yang sama, udara yang masuk dan keluar memberikan pengalaman pengendara yang nyaman dan tidak mudah gerah.

Berat Helm

Untuk bagian ini tidak saya ukur sendiri ya, melainkan hasil dari baca spesifikasinya :
  • KYT K2 Rider : 1.7 Kg
  • Zeus 811 : 1.4 Kg
Untuk jarak dekat perbandingan beratnya memang tidka begitu berasa, tapi ketika riding sudah diats 2 jam berasa deh, helm yang ringan akan lebih enak dipakai. 

Bonus

KYT K2 Rider menyertakan sarung helm dan box saja untuk pembeliannya.

Zeus 811 selain menyertakan sarung helm dan box juga ada beberapa stiker Zeus beserta visor cadangan untuk warna dark smoke.

Harga

Kedua helm ini saya beli secara offline di Toko helm dan hobby di daerah Yogyakarta.

Untuk KYT K2 Rider saya beli di Dunia Helmet Demangan https://goo.gl/maps/YK9Sf4L6W6Pzwb8E7  dengan harga Rp 470.000,- 

Sedangkan untuk Zeus 811 saya beli di Dab Hobbies https://g.page/dabhobbies?share dengan harga Rp 640.000,-


Kesimpulan

Semoga postingan perbandingan kedua produk ini bisa membantu teman-teman untuk menentukan produk yang tepat. Nah jika ada yang kurang untuk perbandingannya jangan lupa komentar ya, terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman