Pengalaman Revisi Kesalahan di BPKB dan STNK Baru

Berawal dari 3 bulan yang lalu, akhirnya setelah 1 minggu STNK dan plat nomor sudah jadi setelah motor turun dari dealer. Ternyata setelah pengecekan STNK ada kesalahan di nama saya, dimana kesalahannya adalah kurang satu huruf saja. Saat itu saya tidak berpikir panjang lebar, karena kemungkinan bisa diurus sekalian bayar pajak.

Semua proses dibawah ini saya lakukan di SAMSAT dan POLRES Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Saya tidak menjamin proses dan aturannya sama di tempat lain, pesan pembuka selamat membaca.

BPKB Terbit Setelah 3 Bulan

3 bulan kemudian saya di Whatsapp dealer bahwa BPKB siap untuk diambil. Syarat untuk pengambilannya cukup STNK dan KTP saja, dan tidak boleh diwakilkan. Akhirnya saya ambil deh, saya cek lagi, ternyata kesalahan nama di STNK terjadi pula di BPKB saya.

Kemudian perwakilan dealer menanykan "ini adalah kesalahahan dari POLRES mas, apakah mau proses sendiri atau dari dealer?", perwakilan dealer juga menjelaskan jika diwakilkan dealer bisa memakan waktu berbulan-bulan, jika sendiri 1 hari saja sudah cukup.

PROSES SENDIRI CUKUP 1 HARI

Memproses Revisi STNK di SAMSAT

Saya putuskan untuk memproses sendiri. Pertama adalah mengurus STNK, disana cuma memerlikan KTP saja, untuk proses ini dilakukan di SAMSAT. Cukup datang ke bagian STNK bilang masalahnya, serahkan STNK asli dan KTP.  Cukup tunggu sekitar 20 menitan, nama sayapun dipanggil lagi. Petugas menyerahkan surat bukti revisi, dan STNK yang salah tadi dikembalikan, nama akan otomatis berubah ketika cetak STNK baru lagi. (Oke misi pertama Selesai)

Memproses Revisi BPKB di POLRES

Bergeser ke kantor POLRES yang jaraknya sekitar 20KM, semoga masih sempat karena saya memproses 2 surat ini pada hari sabtu dan biasanya jam 12:00 sudah tutup. Disana saya langsung diarahkan ke ruang pengursan BPKB, dan untungnya tidak ada antrian, alias saya seorang.

Untuk bagian ini cukup diserahkan STNK dan KTP. Petugas punlangsung memproses, segala percetakan dan penjilidan BPKB ada ditempat tersebut. 

Dan benar saja 20 menit pula BPKB baru yang sudah direvisi telah jadi, nama saya sudah sesuai, jangan lupa untuk cek lain-lain seperti alamat, tipe motor, nomor rangka/mesin, dll.

KESIMPULAN

Ternya mudah banget, revisi akan semakin mudah jika dilakukan di awal-awal, karena rasa malas bisa menyerang kapanpun, disamping itu petugas yang bersangkutan juga masih ingat dengan pekerjaannya, oke selamat mencoba,

Komentar


  1. Mau tanya gan, kalo misalkan ada salah penulisan type kendaran antara bpkb dan stnk gimana tuh gan.
    Hasil setelah saya cek sendiri ternyata data yang benar di STNK nya. Yg di BPKB nya salah tulis type kendaran

    BalasHapus
  2. Lah saya cuma punya motor 3 sama yg baru.. pas mau ambil STNK motor baru syaa kena progresif kendaraan ke 6.. pas diliat disistem ternyata gada sama sekali 2 plat kendaraan saya .. nik distnk sama di KTP salah nomer.. akhirnya saya revisi dan udah seminggu lebih belum ada kabar dari dealernya.. gimana gan menurut ente? Apa sama kaya revisi nama prosesnya? Soalnya lagi pandemi Corona .

    BalasHapus
  3. biayanya berapa bos?
    mobil ane juga kurang 1 Huruf di bpkb dan stnknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah gadiurus om? Gatau pastinya.. cuman gue dikenalin 445k .. pea dealernya. .

      Hapus
    2. waktu itu saya gratis sih untuk kesalahan penulisan nama

      Hapus
  4. Permisi gan,, kalo nama saya di STNK/BPKB salah kan KTP saya sudah dirubah data gimana solusinya apakah bisa direvisi/balik nama,, thnx

    BalasHapus
  5. Tiga hari yg lalu saya balik nama atas nama adek saya di STNK nya salah gk cocok dg KTP apakah saya harus ke Samsat Daan Mogot Jakarta barat

    BalasHapus
  6. Kesalahan penulisan nomer mesin dibpkb apakah nanti ganti bpkb baru

    BalasHapus
  7. Mau tanya dong,untuk revisi BPKB yang salah satu huruf nama itu di ganti ke BPKB baru atau hanya di kasih lembaran keterangan kalo BPKB nya salah ka ?
    Mohon di jawab

    BalasHapus

Posting Komentar