Yuk Investasi di Reksa Dana bersama Tokopedia

Mumpung masih muda, pengelolaan uang sangat penting agar uang yang masuk tidak asal keluar saja, tujuannya agar lebih siap jika ada peristiwa tak terduga serta untuk simpanan di masa datang. Dalam hal ini penulis sangat peduli sekali, selain dimasukan tabungan penulis juga melakukan investasi, seperti deposito, reksa dana, saham dll. Khusus untuk postingan ini penulis membahas tentang Investasi di Reksa Dana Tokopedia.


Cara Kerja Reksa Dana

Sebelum memulai investasi, pastikan kamu terlebih dahulu tahu cara kerja Reksa Dana. Hal pertama adalah ini merupakan simpanan jangka panjang, jadi semakinlama disimpan maka efek keuntungannya akan semakin berasa (tergantung dari perusahaan apa yang kamu investasikan).

Dikutip dari MoneySmart.id resiko kegagalan dari reksa dana sangat kecil, hal inilah yang membuatnya sangat populer saat ini, disamping itu semua proses mulai dari investasi, monitoring dan pengecekan bisa dilakukan dimanapun dengan smartphone yang terkoneksi internet.

Begini step-step dibelakangnya :
  1. Manajer investasi menghimpun dana dari nasabah
  2. Total dana yang dihimpun diinvestasikan ke sejumlah instrumen investasi sesuai dengan kesepakatan dengan nasabah. 
  3. Nasabah menerima laporan investasi dari manajer investasi tentang dananya yang diinvestasikan secara berkala. Isinya seputar:
    1. kinerja produk
    2. komposisi aset
    3. portofolio efek
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Nilai Aktiva Bersih (NAB).
  • Unit Penyertaan (UP)
Transaksi reksa dana diproses berdasarkan NAB  per UP yang diinformasikan lewat media massa. Namun, Banyak orang yang keliru mengira NAB adalah harga reksa dana.


Ketersediaan Reksa Dana Di Tokopedia

Agak pusing kah dengan penjelasan teknis diatas, okelah saya kasih kasus nyatanya. Sebagai contoh di Tokopedia. Saat ini memang baru 2 perusahaan yang ada disana, yakni :
  • Mandiri Pasar Uang Syariah  Ekstra
  • Syailendra Dana Kas 

Berikut tampilannya 

Nah dari masing-masing reksa dana diatas menjanjikan keuntungan, contoh Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, sampai 6.222% / tahunnya, dst. Terus bagaimana kita bisa dapat untung? , silahkan baca lagi penjelasan teknis diatas.


Tidak Terbatas Tokopedia Reksa Dana

Penulis tidak membatasi vendor reksa dana yang harus kamu tuju, tapi pebulis menggunakan Tokopedia, karena kami telah bekerja sama sangat lama, sejak penulis dari pembeli, hingga bekerja disana sebagai mercant untuk toko "Mau Gowes Bike Shop" dan "Id More Academy". Disamping itu, Tokopedia ada marketplace pertama yang mendapatkan gelar Unicorn, jadi main siap deh.


Memulai Investasi di Tokopedia Reksa Dana


Bagi kamu yang ingin memulai investasi di Tokopedia Reksa Dana , langsung klik saja link berikut https://www.tokopedia.com/reksa-dana/?gclid=EAIaIQobChMIu9XHi9XM5QIVSCQrCh3IDQvyEAAYASAAEgL2ZPD_BwE&gclsrc=aw.ds , silahkan registrasi kemudian masuk. 

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan antara lain.

Seperti inilah tampilan dashboard Tokopedia Reksa Dana ketika penulis membuat postingan ini.


Sudah 2 tahunan penulis melakukan investasi disana, dan banyak sekali perkembangan yang telah didapatkan, mulai dari sistem hingga penyedia reksa dana (dulu cuma 1 yaitu Syailendra).

Disanya kamu bisa melakukan pembelian / penjualasan Reksa Dana, dan melihat statistik penyedia Reksa Dana. Untuk pembeliannya gampang kok, seperti beli produk di Tokopedia atau marketplace lainnya, tinggal klik beli masukan nominal lalu pilih cara pembayaran, bisa transfer, virtual account, mini market dll.

Di Tokopedia juga memiliki fitur auto investasi, tapi ini hanya berlaku jika kamu sering memiliki saldo OVO / Tokopedia Wallet yang biasanya dilakukan oleh para pemilik Toko / Mercant. Semisa ingin tiap bulannya menyalurkan sekian dari pemasukannnya ke reksa dana, bisa sekali tinggal set, mudah untuk di aktifkan dan dimatikan.

Semoga membantu.


Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman