Pengalaman Beli Dell LED Monitor Secara Online



Merupakan pengalaman saya pada tahun 2016 lalu ketika membeli monitor secara online. Semoga saja dengan postingan ini dapat membantu teman-teman yang masih ragu untuk beli barang elektronik terutama LED monitor ukuran besar secara online. Tapi sebelumnya tiap kali beli online, pastikan tidak langsung checkout dan bayar, banyak hal yang perlu kalian teliti sebelum sampai ketahapan itu. Ini adalah pengalaman priibadi saya ketika membeli produk LED Monitor Dell u23h ukuran 23inc, beli di Tokopedia dikirim dari Jakarta ke Sleman.

Berawal dari niat saya untuk upgrade LED Samsung Curve  C24F390 saya ke level yang lebih tinggi.

Monitor lama
Alasan upgrade antara lain :
  • Pixel kurang tinggi, karena sebagian besar aktifitas saya berhubungan dengan teks
  • warna hitam kurang pekat 
  • mencari yang sudah menggunakan panel IPS
Akhirnya pada Maret 2016, terjual kepada teman saya dengan harga yang bagus. Sebelumnya saya juga telah melakukan riset sebulanan untuk mencari opsi monitor penggantiannya. Dan keputusan saya jatuh ke Dell U2417H, selain warnanya yang benar-benar hidup, support DP (display port), Dell versi ini memiliki stand yang adjustable, bisa naik-turun, putar kanan kiri, dan bahkan tilt sampai 90'. berikut penampakannya 


Mulai Pencarian 

Saya pun mulai menjelajahi berbagi toko komputer besar di DIY. Tapi sayangnya ternya produk diatas cukup langka. Hingga saya pun menyerah mencari secara offline di DIY, selanjutnya menemukan apa yang saya cari di https://www.tokopedia.com/pietscomp/dell-ultrasharp-24-infinityedge-monitor-u2417h . Sebelum checkout pastikan kalian memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Pemiliki Toko rajin online, minimal terakhir online 1/2 hari yang lalu, dan itu bisa dilihat di Tokopedia. 
  • Ketika diajak diskusi, responnya cepat dan padat. Bahkan ketika saya tanya dalam hal teknik maupun shiping dijawab dengan sangat memuaskan.
  • Yang terakhir adalah ulasan dari pembeli yang pernah membeli barang disini, apakah cacat bagaimana kualitas dan ekspetasinya.
Setelah ketiga poin diatas terjawab, siap-siap deh checkout dan melakukan pembayaran.

Pengiriman

Disarankan jika mengirim barang elektronik besar dan rawan pecah seperti ini, lebih baik menggunakan paking kayu. Tapi setelah mendapatkan penjelasan dari penjual, bahwa box dari Dell suka sangat melindungi, pertama dari material kartonnya yang keras, lalu busanya yang besar dan cukup meredam getaran, sayapun berani menggunakan packing biasa, hanya dengan dibungkus bubble warp.


Disini saya mengguakan J&T reguler, biasanya butuh waktu 3-4 hari. Dan benarsaja setelah 3 hari semenjak barang dikirim, tiba di kontrakan saya. 

Pengetesan


Pelan-pelan mulai saya buka segel dan unboxing barang ini. Cek dulu secara visual, apakah ada yang lecet bahkan patah. Ternyata aman, langsung deh saya cari kabel display portnya untuk pengecakan di macbook. 


Bezel tipis, warna tajam, resolusi tinggi. Seolah-olah saya sedang memandang pemandangan dari balik jendela. Disini saya tidak akan bicara panjang lebar tentang monitor ini, hanya berbagai pengalaman belanja online barang elektronik sebesar ini.

Semoga kalian tidak ragu lagi ya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman