Membuat Setup Home Recording Sendiri sebagai Podcaster atau Youtuber



Sudah merencanakan sejak hampir 4 bulan lalu untuk membuat home recording, pemikiran ini muncul semenjak channel Id More Academy berisi tentang coding ternyata ramai, disamping itu juga bisa untuk voice over di channel Mau Gowes Tentunya dengan kualitas audio dan gambar yang semakin baik maka penonton akan semakin betah di channel - channel Youtube saya.

Persiapan saya :

Karena masih awal perjalanan karir saya didunia podcaster dan youtuber maka saya mencari beberapa produk low budget yang minimal terbaik dan direkomendasikan oleh komunitas. Dan berikut yang saya dapatkan :

Komputer
Komputer, merupakan laptop lama lama yang masih saya gunakan karena peformanya masih mendukung, saya menggunakan Mac Book Pro retina keluaran 2013.
Condenser Microphone


Kondenser mikropon, saya memilih kondenser mikropon karena lebih peka terhadap suara, sehingga disamping saya ngobrol, suara ketikan keyboard yang saya gunakan juga terdengar. untuk ini saya menggunakan mikropon dari brand China yakni Yanmai Q8 Studio. Harga sekitar Rp 300 ribuan.

Mic Arm Suspension

Fungsi utamanya cuma untuk tempat menaruh mic sih, tapi dengan penggunan arm seperti ini membuat meja lebih bersih karena mic tidak akan diletakan di atas meja, disamping itu jika sudah selesai digunakan akan lebih mudah untuk dirapikan, tinggal di arahkan saja kesamping. Harga sekitar Rp 100 ribuan.

Audio Interface


Audio interface, pertama mengenal produk jenis ini adalah 2 tahun lalu, dari teman saya Damaera, seorang produser musik ( ini adalah salah satu karyanya Album Reverse Project https://open.spotify.com/artist/0mRlrrhtRm6hUDXwcEkPr4  ), tapi karena saat itu kebutuhan saya cuma mendengarkan musik, jadi saya masukan kewishlist saja. 

Penggunaan audio interface diperlukan, karena Mikropon konsenser yang saya pakai diatas memerlukan phantom power sekitar 48v agar bisa digunakan , disamping itu audio interface diperlukan untuk membuat suara in dan out semakin bersih, juga untuk memudahkan monitor dengan zero latency. produk yang saya gunakan adalah brand dari Jerman Behringer Um2. Harga sekitar Rp 500 ribuan.

Headset Monitoring


Berawal dari tragedi malam sebelum rekaman saya, headphone lama saya patah bagian hangernya , sehingga terpaksa harus dirawat inap selama +- 1-2 bulan, saya harus gerak cepat nih untuk cari headset pengganti untuk memulai produksi, akhirnya saya putuskan mencari headset monitoring, dan pilih jatuh ke Audio Technica Mh-50-x , kelebihan dari headset monitor adalah suara yang dihasilkan flat sehingga detailnya lebih berasa, tapi bassnya tidak nendang, padahal saya penyukan musik metal dengan bass tinggi, saya pilih seri MH 50 x ini karena mendukung untuk monitoring dan bisa juga di set ngebass. Harga sekitar Rp 1 jutaan.

Memulai Rekaman

Tidak susah kok setup semua alat-alatnya, cukup masukan mic ke port input dan headset di port output, sisanya colokan usb ke macbook dan secara otomatis akan ada tambahan input dan output baru.

Aplikasi yang saya gunakan adalah Garageband https://apps.apple.com/us/app/garageband/id408709785 , karena gratis dan fiturnya cukup untuk pemula seperti saya . Diawal penggunaan saya ada sedikit masalah, dimana saya tidak tahu asal suara noise seperti suara desisan ular berada, saya pun utak atik gain dan equalizernya, dan akhirnya bisa diteratasi.

ref : https://www.macupdate.com/app/mac/13948/apple-garageband

Milestone Saat ini dan Berikutnya

Tujuan utama pembelian perangkat home recording ini adalah untuk peningkatan kualitas audio di konten Youtube channel Mau Gowes dan Id More Academy. Disamping itu saya juga ada project berikutnya untuk membuat sebuah akun podcast di Spotify dengan nama Id More Academy, membahas teknologi di dunia tech engineer, tunggu saja.


Ref :
  • Youtube Id More Academy : https://www.youtube.com/channel/UCKLQUv8n3OadK5mkYpmZiyA
  • Youtube Mau Gowes : https://youtube.com/maugowes
  • Pembelian Mic Yanmai Q8 : https://www.tokopedia.com/storepinokio/yanmai-q8-professional-cardioid-condenser-microphone-for-recording
  • Pembelian Behringer u2 di Behringer Semarang : https://www.tokopedia.com/behringersemaran/soundcard-behringer-um2-um-2-usb-interface
  • Pembelian Audio Technica MH-50-x di Daina Musik Yogyakarta, lokasi : https://goo.gl/maps/upn4csVYubQk8bN5A , kamu juga bisa kepoin produk mereka di Tokopedia : https://www.tokopedia.com/diana-musik
  • Pembelian mic arm : https://www.tokopedia.com/dfastshop/stand-microphone-suspension-boom-scissor-arm-stand-mic

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Hitung Harga Masing-masing Barang ketika Dapat Diskon di Grabfood

Cara Masuk Parkir Lippo Plaza Jogja

Cara Masuk, Parkir dan menikmati CGV di Hartono Mall Sleman