Bagaimana Saya Mendapatkan Extra Pendapatan dari Tokopedia Affiliate


Berawal dari coba dari postingan Tokopedia yang sudah menghadirkan fitur Tokopedia Afiliate pada aplikasinya.  Yang mana konsep dari affiliate sendiri adalah, affiliator (sebut yang pemilik link affiliate) akan mendapatkan cuan ketika sukses terjual lewat link affiliatenya.

Yang Saya Dapatkan dari Affiliate untuk Tahun 2023

Sofar sepanjang 2023 mendapatkan Rp 45.270.  Dan ternyata tidak semuanya dari hasil pembelian, ada beberapa dari hasil kunjungan, dan beberapa remark yang saya belum paham artinya.
Biasanya saya share link dari barang yang sudah pernah saya beli, biasanya di Youtube atau Facebook, jadi bisa dibilang full organik trafik, dan sharenya juga tidak berlebihan bisa di hitung jari.

Cara Daftar Tokopedia Affiliate

Pastikan kamu adalah pengguna Tokopedia dan appssnya telah terinstal di smartphone kamu.
Jika belum, silahkan download dan install lewat link berikut ini:
Kunjungi link berikut untuk melakukan registrasi https://affiliate.tokopedia.com/ melalui smartphone yang telah terinstall apps diatas, pastikan hingga sukses.

Akses Tokopedia Affiliate

Setelah registrasi diatas sukses, gunakan step dibawah untuk akses akun affiliate kamu.

Untuk akses menu affiliate ada di tombol kanan atas (tombol hamburger). Oh yes untuk note, app yang saya pakai adalah edisi tanggal 29 juli 2023. 


Menu affiliatenya ada di sana tuh tap untuk akses dashboardnya.


Halaman depan adalah di mana kamu bisa generate affiliate linknya. Ada 2 macam produk, produk yang terakhir kamu kunjungi dan baru saja kamu beli di Tokopedia. Setelah menemukan produk yang cocok, tap tombol promosikan, disanalah kamu akan dapat affiliate link, silahkan share ke tempat kamu ingin orang-orang mengunjungi link tersebut. 

Bisa di deskripsi Youtube, semisal  membuat video review produk tersebut, komen di Facebook/Twitter misal ada yang cari-cari produk serupa, dan sebagainya.

Untuk memonitor affiliate kamu, bisa cek di tab performa, disana bisa di cek berapa kali di klik dan berapa terjual.


Untuk cek total pendapatan dari semua affiliate kamu, ada di tab Pendapatan. Disana pula kamu bisa melakukan penarikan saldo. Prosedur penarikan saldo mirip dengan penarikan sisa saldo, pendapatan dari Tokopedia, bisa langsung ke bank tujuan.

Komentar